Seminar Konversi Bank Aceh ke Arah Mana?


Banda Aceh-Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) mengadakan seminar mengenai bank syariah sekaligus launching CENTRIEFP (Centre For Training & Research In Islamic Economic, Finance & public Policy) yang bekerjasama dengan Bank Aceh Syariah dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan tema: “ Kearah mana konversi Bank Aceh Syariah?” acara tersebut berlangsung di Auditorium Prof. Ali Hasjmy UIN Ar-Raniry(23/5/16). Menurut pantauan reporter An-Naba’ peserta seminar dan launching hari ini didominasi oleh mahasiswa FEBI.
            Seminar ini bertujuan untuk mensosialisasikan perubahan Bank Aceh menjadi Bank Aceh Syariah secara kaffah. Perubahan bank konvensional ke bank syariah secara menyeluruh baru pertama dilakukan di Aceh. Pemateri dalam seminar ini diisi langsung oleh Direktur Syariah dan SDM Bank Aceh Haizir Sulaiman, Ahmad Wijaya Putra perwakilan OJK Aceh serta pihak akademisi yang juga Dekan FEBI, Dr. Nazaruddin A. Wahid, MA. Indonesia  sebagai Negara dengan mayoritas muslim, sebagai alasan utama investor dalam maupun luar negeri ingin mengembangkan bisnis syariah di Indonesia. Dalam pernyataan OJK Aceh pihaknya mengatakan telah meminta 14 syarat yang harus dipenuhi Bank Aceh untuk mengkonversi ke bank syariah, diantaranya komitmen pemegang saham, kesiapan SDM, Informasi dan Teknologi, kevariasian produk syariah dan lainnya. “Kami berharap, produknya tidak hanya bersifat konsumtif namun lebih menyentuh masyarakat.” ujar Ahmad Wijaya Putra.

            Haizir mengatakan semua pemegang saham yang ada di Bank Aceh setuju terhadap konversi Bank Aceh ke Bank Aceh Syariah. Menurut survey yang dilakukan Bank Aceh terhadap nasabah yang ada di seluruh kabupaten/kota di Aceh termasuk Medan menunjukkan 97%  setuju terhadap konversi ini. Nasabah terbesar saat ini di Bank Aceh adalah PT. Jamsostek dan Taspen yang menguasai 30% lebih dana di Bank Aceh. “Kesiapan konversi Bank Aceh menuju syariah saat ini sudah 83,8%” ujar Haizir. Alasan konversi ini menurut Haizir, dapat menjadi solusi terhadap praktek riba saat ini. Kemudian, terciptanya sistem keuangan syariah yang kuat baik di skala regional maupun nasional.

Penulis: Al-Fatih
Share on Google Plus

About Admin

Informasi lebih lanjut silahkan hubungi admin melalui akun sosial yang tersedia.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html