Fakultas Dakwah Lahirkan Komunitas Baru




Banda Aceh- Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry mengadakan pelatihan sekaligus launching pembentukan komunitas Da’I-Da’iyah di Fakultas Dakwah. Pelatihan ini berlangsung selama 2 hari dari tanggal 2-3 Juni yang berlangsung di Aula Fakultas Dakwah. Tema pelatihan ini yakni kader dakwah peduli umat yang siap menghadapi tantangan era global. Pada pelatihan hari pertama, materi disampaikan oleh Ust. Fakhruddin Lahmuddin yang dipandu oleh Bapak Furqan sebagai moderator. Fakhruddin mengatakan bahwa ceramah harus sesuai dengan kemampuan para audiens, harus  disesuaikan dengan tempat. Ada tehnik dalam berpidato supaya audiens bisa menangkap kesimpulan yang kita sampaikan yaitu dengan mengunci terlebih dahulu tujuan dari pembicaraan di akhir ceramah. Pemateri kedua disampaikan oleh Ust. M. Yassir beliau mengatakan pendekatan masyarakat dapat dilakukan secara maksimal dengan cara silaturrahim. Pendekatan juga bisa dilakukan dengan program-program yang membantu masyarakat contohnya dalam segi ekonomi.
            Pemateri hari selanjutnya disampaikan oleh Ust. Mukhlis Aziz beliau mengatakan kebenaran yang hakiki itu hanya milik Allah SWT dan kebenaran yang dimiliki manusia itu relatif. “Orang yang mengklaim dirinya benar seperti orang buta yang meraba gajah,” ujar Ust. Mukhlis. Pemateri terahir dalam pelatihan ini diisi oleh Ust. Umar Ismail, beliau mengatakan seorang penceramah jangan hanya ada orang yang melihat baru alim tetapi ketika tidak ada orang melihat menjadi maling. “Ceramah itu untuk diri sendiri, bukan untuk orang lain.” Ujar Ust. Umar dengan penyampainnya yang humoris.
Pelantikan sekaligus launching Komunitas Dai-Daiyah dihadiri oleh Dekanan Fakultas Dakwah dan para dosen di Aula Fakultas Dakwah. Acara pelantikan dipimpin langsung oleh Dr. A. Rani Usman, M. Si dan sekaligus menutup pelatihan Dai-Daiyah. Ketua Komunitas Dai-Daiyah terpilih M. Havidh mengatakan dengan adanya komunitas ini diharapakan bisa menjadi penolong dari sebagian yang lain. Kata sambutan dari Wakil Dekan III Drs. Baharuddin, M. Si mengatakan dalam komunitas ini harus ada 3 hal penting yakni, konseptor dakwah, donator yang kuat dan actor dakwah. Beliau berharap dengan lahirnya komunitas ini bisa menjadi basic dari Fakultas Dakwah. Kata sambutan juga diberikan oleh dekan Fakultas Dakwah, beliau mengatakan di kampus sebenarnya tidak perlu banyak organisasi, namun harus ada organisasi yang mampu menampung segala aspirasi dari organisasi lainnya. “Organisasi Dai-Daiyah ini netral, penuh akan spriritual dan berlandaskan Al-Quran dan Hadist.” Ujar A. Rani Usman.

Saat ditanyai oleh wartawan An-Naba mengenai pembentukan komunitas Dai-Daiyah ini, Abizal M. Yati selaku koordinator acara sekaligus Pembina komunitas mengatakan komunitas ini hadir untuk melahirkan kader-kader dakwah dari kalangan mahasiswa mengingat tujuan dari Fakultas Dakwah sendiri mencetak kader dakwah. Selain itu para anggota komunitas juga akan dibimbing untuk menambah pengetahuan tentang islam seperti khazanah islam, fiqih, hadist, tafsir dan lainnya. Harapannya komunitas ini bisa siap pakai oleh masyarakat kapan pun dibutuhkan. “Dengan adanya komunitas ini insya Allah mereka akan ada kegiatan rutin untuk memberikan kontribusi besar terhadap masyarakat.” Ujar Abizal M. Yati.

Penulis: Al Fatih


Share on Google Plus

About Admin

Informasi lebih lanjut silahkan hubungi admin melalui akun sosial yang tersedia.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html