Menuju Aceh Sebagai Wisata Coklat


Siapa yang tidak kenal dengan kata COKLAT, benda manis yang selalu menjadi buah tangan dan kado istimewa untuk orang-orang yang spesial. Menurut data dari finance.detik.com Indonesia berada di posisi kedua sebagai penghasil kakao terbesar sedunia, setelah Pantai Gading diposisi kedua. Aceh sendiri berkontribusi sebesar 4,8% secara nasional dan 18,6 % secara wilayah Sumatera. Selain itu, Aceh juga memiliki lahan tidur yang berpotensi untuk menyumbang lebih pada sektor kakao. Besarnya konsumsi masyarakat Aceh terhadap coklat, baik dari kalangan bawah hingga kalangan atas, membuat para petani dan pengusaha coklat harus mampu memenuhi permintaan tersebut. Coklat sudah seperti darah daging yang melekat dalam kehidupan masyarakat Aceh. Hampir setiap bahan makanan yang ada selalu dipadukan dengan coklat, mulai dari kue yang harganya Rp 1000,- hingga kue yang harganya ratusan ribu, bahkan dipulau jawa ada nasi goreng yang ditambahkan cokelat. Tidak hanya kue, bahkan minuman, parfum, bahkan rokok elektrik pun beraroma coklat. Pertanyaannya mengapa coklat sangat diburu oleh masyarakat kita sampai menyatu dengan kehidupan kita?
            Ternyata coklat memiliki banyak manfaat, baik dari segi kesehatan maupun psikologis. Dari bidang kesehatan coklat dapat mencegah penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, dan lain-lain. Dari segi psikologis, coklat mampu menurukan depresi serta menghambat penuaan. Selain harga yang terjangkau, coklat mampu menghipnotis para penikmatnya sehingga orang yang memakannya ada rasa kebahagiaan tersendiri. Menghilangkan penat akibat pekerjaan dan tantangan dunia kerja yang semakin sempit.

            Kita balik lagi ke Aceh, buat teman-teman yang diluar Aceh pasti kalau pertama kali menginjakkan kaki ke Aceh belum SAH rasanya kalau belum mencicipi Mie Aceh atau Kopi Aceh, ingin rasanya coklat Aceh masuk deretan makanan yang wajib dicicipi kalau ke Serambi Mekah. Di Aceh sendiri bisnis coklat bukan menjadi barang asing lagi, seperti halnya salah satu gerai makanan berbasis coklat ciletcoklat.com menawarkan coklat dengan harga bervariasi dan sesuai dengan permintaan pelanggan. Bentuknya yang imut-imut dan bisa dibentuk sesuai dengan keinginan kita tentu menjadi hal yang sangat menarik untuk dinikmati. Potensi coklat yang ada di Aceh sebenarnya dapat dimanfaatkan menjadi lahan baru bagi wisatawan dalam maupun luar negeri. Hadirnya wisata coklat akan membuat sector pariwisata dan ekonomi Aceh membaik. Apalagi Aceh berhasil meraih wisata halal tahun 2016 tentu menjadi rejeki nomplok. Padahal jika saja Aceh mau lebih serius terhadap bisnis coklat, maka tidak menutup kemungkinan akan menciptakan peluang usaha baru dan membuka lapangan kerja tentu. Wisata coklat tidak hanya memperlihatkan bagaimana coklat tersebut dibuat, namun didalamnya ada nilai edukasi untuk generasi muda dan menumbuhkan rasa untuk mencintai produk dalam negeri.
            Mungkin gerai Ciletcoklat bisa menjadi cikal bakal untuk mewujudkan wisata coklat. Mungkin ini terdengar mustahil untuk diwujudkan, karena para pembaca sekalian akan menghayal seperti dunia fantasi dimana dunia dipenuhi coklat. Berbicara mengenai dunia fantasi saya kembali teringat dengan sebuah film animasi yang sangat digemari oleh anak-anak Indonesia, Boboiboy. Film yang menampilkan sang tokoh utama memiliki kuasa (kekuatan) elemen-elemen bumi. Namun point pentingnya bukanlah disitu, robot yang memberikan kuasa tersebut pada mulanya dihidupkan menggunkan coklat (berdasarkan cerita film tersebut), disini mungkin sebagian orang akan menganggapnya sebagai hal yang tidak terlalu penting, apalagi yang menontonnya hanyalah anak-anak. Saya selaku penikmat film juga menjadi penasaran, mengapa sang penulis ide cerita membuat coklat sebagai bahan utama dalam film Boboiboy. Siapa sangka coklat merupakan salah satu senjata dari negara pembuat film animasi ini. Coklat menjadi salah satu oleh-oleh yang paling digemari dan murah untuk dibawa pulang ke kampung halaman para wisatawan. Negara tetangga sudah sadar akan tingginya potensial yang dimiliki coklat, sehingga mereka menginovasi coklat dengan sedemikian rupa, tidak hanya di dunia nyata namun di dunia fantasi juga.

            Sungguh sangat disayangkan bila negara yang sangat banyak sumber daya alamnya, tanam apa saja bisa tumbuh, disia-siakan potensinya begitu saja. Saya rasa Ciletcoklat bisa mewujudkan cita-cita yang berat ini di Aceh, gerai ini sadar akan penting dan besarnya potensi coklat bagi sektor ekonomi dan pariwisata di Aceh. Walaupun tokonya kecil, bukan berarti isinya juga kecil, Cilet coklat dipenuhi dengan berbagai makanan berbahan dasar coklat yang sudah dikreasikan, mulai dari bentuk hingga hiasannya sehingga membuat coklat semakin spesial. ‘Surga yang dipenuhi coklat’, ‘Daerahnya coklat’, ya, ingin rasanya mendengar sebutan-sebutan itu, sehingga Aceh tidak hanya dikenal dengan hukum syariat dan ganjanya namun akan dikenal dengan coklatnya. Mudah-mudahan wisata coklat ini bisa terwujud, demi Aceh yang sejahtera. 

Penulis; T. Nasharul Julianda

            
Share on Google Plus

About Admin

Informasi lebih lanjut silahkan hubungi admin melalui akun sosial yang tersedia.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. Do you need an urgent loan we offer worldwide loan to who in need of loan the business opportunity you having being looking for is here again. email housingfinance247@gmail.com
    LOAN APPLICATION FORM
    1) Full Name:
    2) Gender:
    3) Loan Amount Needed:.
    4) Loan Duration:
    5) Country:
    6) Home Address:
    7) Mobile Number:
    8)Monthly Income:
    9)Occupation:
    )Which did you here about us.
    Email housingfinance247@gmail.com

    ReplyDelete

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html