Menjaga Silaturrahim

Dan peliharalah hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu “ ( Surat an-nisa:1 )

KATA silaturrahmi atau kadang ditulis dengan silaturrahim berasal dari bahasa Arab Washala dan rahim.Washala yang kemudian berubah menjadi shilatu berarti “menyambung” atau “menghubungkan”.Sedang rahim berarti “kerabat”atau “kasih sayang”. Dengan demikian ,silaturahim berarti menyambung atau mempererat tali kekerabatan atau persaudaraan , sekaligus berarti menyambung kasih sayang sebagaimana kasih sayang seorang ibu kepada janin yang berada dalam rahimnya. Karena itulah, “menjalin silaturahim” dan “berbakti kepada kedua orang tua” disebutkan dalam anjuran secara sepadan, sebagaimana sabda Rasulullah Saw, “Berbaktilah kepada kedua orang tuamu dan sambunglah tali silaturrahim”.
Dalam ajaran Islam. Silaturahim ini sangat di anjurkan silaturrahim yang paling utama adalah silaturahim secara fisik.Artinya, silaturahim yang dilaksanakan secara langsung, dengan mendatangi rumah atau tempat tinggal seseorang. Fenomena mudik Lebaran, bisa menjadi pro dan kontra , sebenarnya patut disyukuri. Karena tradisi khas orang aceh ini sangat terjaga dalam masyarakat bahwa silaturahim pada keluarga sangat terjaga dalam masyarakat kita. Meski setahun sekali, dimanapun untuk pulang ke kampung halamannya agar bisa bersilaturahim dengan sanak keluarga.
Sayang semangat silaturahim ini tidak berkembang baik dalam kehidupan sehari-hari dengan masyarakat yang lebih luas. Entah karena kesibukan masing-masing, entah karena alasan lain, namun tidak sedikit orang yang acuh pada tetangga di lingkungan tempat tinggalnya. upaya kepala desa untuk mempererat silaturahim dengan kegiatan gotong-royong, kerja bakti, dan sebagainya kurang ditanggapi. Semakin baik tingkat perekonomian suatu masyarakat , semakin hilang hubungan silaturahimnya. Orang cenderung hidup sendiri-sendiri dan tak mengenal tetangga kiri-kanan maupun depan-belakangnya.
Padahal Nabi telah pula menjabarkan bagaimana untuk silaturahim yang paling sederhana, yang sebetulnya mampu dilakukan setiap orang.Sabda beliau, “ Sambunglah silaturahim walau hanya dengan menyampaikan salam…”.Jadi bersilaturahim itu tidak selalu harus dengan membawa hantaran.juga bukan harus ada “sesuatu” yang perlu disampaikan atau didiskusikan. Cukup dengan bertemu muka dan saling berkenalan serta menanyakan kabar masing-masing.
Dalam sebuah hadis Rasulullah Saw mengingatkan bahwa dengan bersilaturahim sesungguhnya manusia mendapatkan mamfaat di dunia dan akhirat. Beliau bersabda,
“Bertakwalah kepada Allah dan sambunglah silaturahim, niscaya engkau akan memperoleh kebaikan di dunia dan akhirat.” Diantara kebaikan di dunia yang akan diperoleh oleh orang yang bersilaturahim yaitu, memperpanjang usia, memperluas rezeki dan menghilangkan kesulitan. Sementara kebaikan di akhirat, setiap langkah dari seorang anak yang bersilaturahim kepada kedua orang tuanya, misalnya, akan dicatat sebagi pahala. Berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dzar Alghifari r.a., maka Allah akan mencatat untuk setiap langkahnya dengan seratus pahala. Selain itu, Allah akan menghapus dosa-dosanya dan mengangkat seratus derajat untuknya.
Bahkan bila silaturahim fisik secara langsung tidak bisa kita lakukan, silaturahim melalui telepon ,e-mail atau surat,sebaiknya dihidupkan mulai saat ini. Secara berkala meluangkan waktu untuk bertegur sapa dengan orang-orang di sekitar kita maupun orang-orang yang mempunyai hubungan persaudaraan dengan kita, secara tak langsung pun, ada baiknya mulai saat ini kita canangkan. Insya Allah langkah untuk menjalin silaturahim seperti ini pun akan dicatat sebagai pahala. Hal ini sejalan dengan sabda Rasulullah Saw, “Sesungguhnya amal itu dapat sah dengan niat dan sesungguhnya bagi setiap orang menurut apa yang diniatkannya…”.

Sumber: diambil dari Majalah An-Naba edisi II



Share on Google Plus

About Admin

Informasi lebih lanjut silahkan hubungi admin melalui akun sosial yang tersedia.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html