Gampong Film Hadir di Rukoh


Banda Aceh – Komunitas Film Trieng bekerja sama dengan Aceh Film Festival (AFF) menggelar pemutaran Film di kampung Rukoh (20/9/16). Gampong Film merupakan nama dari program tersebut dihadiri oleh masyarakat kampung Rukoh dan sekitarnya. Acara yang berpusat di halaman meunasah kampung Rukoh memutar empat film bergenre dokumenter hasil produksi Aceh Documentary diantaranya 1880 Mdpl karya Riyan Sigit dan Miko Saleh, Doda Idi karya Mirza dan Fauzan, A Village Called Paradise karya Silvira dan Sayid, dan Tanoh Akhe karya Sari dan Nova. Sebelumnya Gampong Film telah dilaksanakan di beberapa daerah, seperti Sigli, Bireun, Aceh Utara, Aceh Barat dan Aceh Besar. Gampong Film bertujuan untuk menghidupkan perfilman Aceh serta mengedukasi masyarakat melalui film. Agus selaku koordinator acara ini mengungkapkan, Gampong film akan menjadi kegiatan rutin dan diharapkan menjadi sarana untuk memajukan perfilman Aceh. Film yang diputar merupakan film-film yang produksi di kawasan Aceh, sehingga budaya serta khazanah Aceh sangat kental dalam setiap film yang diputar.
Masyarakat Rukoh sangat antusias dalam kegiatan tersebut, terlihat dari banyaknya masyarakat yang datang untuk menyaksikan film-film yang diputar. Salah seorang warga yang mengajak keluarga mengaku sangat mendukung kegiatan tersebut, dari film yang diputar banyak mengandung pesan budaya yang bisa menjadi pelajaran, apalagi untuk anak-anak yang menonton. Gampong Film menjadi sarana hiburan yang bernilai pendidikan, banyak apresiasi positif serta harapan agar kegiatan tersebut terus dilaksanakan. Geuchik kampung Rukoh Harmidi mengaku sangat senang dengan terselenggaranya acara pemutaran film ini. Harmidi berharap agar Gampong Film rutin dilakukan agar menjadi motivasi kepada masyarat, “Harapannya kegiatan seperti ini terus dilakukan, banyak iktibar dan hal positif untuk masyarakat,” ungkap Harmidi.

Kegiatan ini merupakan salah satu target dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam mendukung kegiatan tersebut. Badan Pengembangan Budaya melalui Unit Pengembangan Budaya (UPT) mengungkapkan jika ada beberapa target yang menjadi prioritas digelarnya Gampong Film. Diantaranya, mampu mengedukasi masyarakat lewat pesan-pesan dalam film serta melestarikan budaya lewat film. (hz)
Share on Google Plus

About Admin

Informasi lebih lanjut silahkan hubungi admin melalui akun sosial yang tersedia.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html