Yang Muda Yang Bermanfaat





         Road show Bincang inspiratif Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia yang diadakan oleh PT. Astra di gedung Flamboyan  Unsyiah lantai 2 (17/3/16). Pada road show Bincang Inspiratif yang pertama kali digelar di Aceh ini menghadirkan narasumber seperti Tri Mumpuni pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan, Riza Deliansyah Head of Enviroment dan Divisi CSR PT. Astra, Yulian Warman Head of Public Relation PT. Astra, Ir. Bahagia Sekda Kota Banda Aceh dan Noviyanto pengusaha keju dari Boyolali serta pemenang Astra Award tahun 2012.
Pada perbincangan tersebut Sekda Kota Banda Aceh, Ir. Bahagia mengatakan masalah Unit Kegiatan Masyarakat (UKM) di Aceh adalah kekurangan modal dan UKM yang menjadi andalan di Banda Aceh yaitu home industri. Lain halnya dengan Ibu Tri, beliau merasa prihatin dengan kondisi di Aceh yang memiliki sumber daya alam yang besar namun manfaatnya tidak dirasakan oleh masyarakat Aceh. Kejadian tersebut sering dirasakan oleh petani kecil yang menjual hasil panennya dengan harga murah namun ketika diolah oleh orang lain harga jualnya menjadi tinggi, “Banyak sumber daya yang tidak diolah secara maksimal.” Kata Tri Mumpuni. Tri Mumpuni berpesan kepada mahasiswa yang hadir di gedung tersebut agar bermanfaat untuk orang lain dan membangun kampung halaman sendiri, “Mahasiswa jangan memikirkan nanti kerja dimana, tapi manfaat apa yang bisa saya berikan.” Ujar perempuan yang pernah menjadi relawan di Aceh masa Tsunami.
PT. Astra ingin menjemput mitra dalam bidang pendidikan, lingkungan, kewirausahaan, kesehatan dan teknologi ke daerah-daerah yang ada di seluruh Indonesia. Riza mengatakan “Banyak pemuda di Aceh belum mendapatkan kesempatan seperti di daerah-daerah lain.” Ujar pemuda kelahiran Lhokseumawe tersebut di acara bincang inspiratif. Pemenang SATU Indonesia Awards 2012, Noviyanto merupakan penggagas pabrik keju dari Boyolali. Berawal dari keprihatinan beliau terhadap harga susu yang fluktuatif di daerahnya dan pasar yang sedang jenuh sehingga  peternak susu merugi besar karena over produksi. Pabrik keju Indrakila yang didirikan dan dikelola Noviyanto, mampu memberi semangat baru bagi peternak, sebab harga susu naik lagi dan peternak pun tersenyum. “Banyak pemuda lebih memilih usaha instant (seperti usaha minuman/makanan siap saji) sehingga kreatifitas mereka hilang.” Ujar Noviyanto.
SATU Indonesia Awards bertujuan memberikan apresiasi untuk generasi muda Indonesia yang berprestasi dan mempunyai kontribusi positif untuk lingkungan dan masyarakat sekitar. Adapun syarat dan ketentuan kandidat penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2016 yaitu:
  1. Berusia maksimal 35 tahun.
  2.  Individu atau kelompok (minimal terdiri dari 3 orang)
  3. Kegiatan harus orisinal.
  4.  Kegiatannya telah berlangsung minimal 1 tahun.
  5.  Belum pernah  menerima penghargaan nasional/internasional.
  6.  Bukan karyawan Group Astra dan Tempo Media Group.
  7. Dapat mendaftarkan orang lain yang memenuhi persyaratan.
Periode pendaftaran: 8 Maret-8 Agustus 2016 melalui www.satu-indonesia.com. Penerima apresiasi masing-masing akan mendapatkan bantuan dana sebesar Rp 55.000.000,- dan pembinaan kegiatan.

Penulis: Al Fatih 
Share on Google Plus

About Admin

Informasi lebih lanjut silahkan hubungi admin melalui akun sosial yang tersedia.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html