Fakultas Dakwah dan Komunikasi Berikan Pelatihan Kearsiapan

Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) mengadakan pelatihan kearsipan bagi staf akademik FDK di Aula Fakultas Dakwah pada hari sabtu 14 November 2015 lalu. Peserta yang hadir berjumlah 27 orang dari kalangan Dosen, Staf Akademik, Bagian Umum dan Mahasiswa. Pelatihan kearsipan ini bertema: “Melalui pelatihan staf pengelola arsip dapat meningkatkan kinerja dalam rangka pengelolaan dan pelayanan kearsipan dilingkungan Fakultas Dakwah dan komunikasi UIN Ar-Raniry.” Pelatihan ini diisi oleh Ihksan, S. Sos dan Alfian, S. Sos dari Badan Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Aceh.
Pelatihan dibuka dengan materi tentang sistem informasi data dalam arsip. Ikhsan mengatakan perlunya Record Center di perguruan tinggi yang mencakup arsip-arsip dari seluruh fakultas yang ada di UIN Ar-Raniry. Penting dalam sebuah lembaga memiliki arsip baik lembaga pemerintah maupun lembaga non-pemerintah. Menurut UUD kearsipan NO. 43 Tahun 2009, lembaga arsip dibagi 4 yaitu: lembaga arsip nasional, lembaga arsip provinsi, lembaga arsip kabupaten/kota dan lembaga arsip perguruan tinggi. Ikhsan menginformasikan kepada peserta jika ada surat berharga yang robek/rusak selama informasi yang ada di dalam surat tersebut masih bisa dibaca maka lembaga Kearsipan bisa mengembalikannya di atas 95% seperti semula. “Untuk biaya perbaikan ini tergolong mahal karena bahan dan alatnya dari jepang tapi untuk masyarakat Aceh gratis.” Ujar Ikhsan.
Pemateri kedua disampaikan oleh Alfian, S. Sos mengenai manajemen kearsiapan dan pengelolaan arsip setelah ISHOMA. Pemateri menjelaskan bagaimana mengelola arsip yang benar sehingga apabila diperlukan sewaktu-waktu dapat dengan mudah ditemukan. Alfian menjelaskan sistem pengarsipan dapat berdasarkan Abjad, Subjek, Nomor, Kronologis dan Geografis. Selain itu dalam penataan arsip juga harus di dukung oleh fasilitas seperti Folder, Filling Cabinet, Bok's Arsip, Rak Arsip, dan lain-lain. Badan Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi menerima permitaan bok's arsip dan diberikan secara gratis. “Kirimi surat ke kami (Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi) untuk permintaan bok's arsip nanti kami kirim langsung.” Ujar Alfian dalam diskusinya dengan peserta.
    Pada akhir pelatihan itu setiap peserta mendapatkan sertifikat dari pihak penyelenggara sebagai tanda kepedulian lembaga kepada kampus.

Reporter: Al-Fatih

Share on Google Plus

About Admin

Informasi lebih lanjut silahkan hubungi admin melalui akun sosial yang tersedia.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html