Film dan Musik Aceh Mau dibawa Kemana?


       Banda Aceh- Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) menggelar acara pelantikan pengurus  ISKI Aceh periode 2015-2019 dan seminar nasional: Film dan Musik Lokal Aceh di Aula Prof A. Majid Ibrahim Bappeda Aceh, kamis 26 November 2015. Acara tersebut dihadiri oleh seluruh Dosen Komunikasi yang tergabung dalam ISKI Aceh. Kemudian  Ketua ISKI Pusat Yuliandre Darwis, Ph.D, secara resmi melantik pengurus baru periode 2015-2019. Dengan terlebih dahulu membacakan surat keputusan dari Pembina. 

      Selesai pelantikan, acara di lanjutkan dengan Seminar Nasional dengan Pemateri, Dr. A. Rani Usman, M.Si (Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar – Raniry, dan Pakar Komunikasi Budaya), Rafli Kande (Anggota DPD RI Asal Aceh dan Pelaku Musik Lokal Aceh), dan Yuliandre Darwis, Ph.D (Ketua Umum ISKI Pusat). “Konflik Aceh menjadi inspirasi saya, persoalan yang ada di sekeliling. Karena saat itu banyak masyarakat yang tidak bisa mengeluarkan pendapatnya secara sah (berkomunikasi dengan terbuka), maka dari itu saya tuangkan konflik, persoalan, dalam karya seni, yang terpenting pesan tersirat terdapat dalam seni baik itu syai’r, Musik dan Film,’’ Ujar Rafli Kande dalam pemaparannya. Dia juga menambahkan, karya musik dan film lokal Aceh punya energi yang sangat  fantastis. Lagu Aceh jika disimak maka akan jadi hiburan belaka, lagu Aceh sangat banyak pesan moral yang di sampaikan.

        Pada kesempatan yang sama Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi  Dr. A. Rani Usman, M.Si mengatakan,  dalam film Aceh ada beberapa manfaat yaitu: Meupanton, Alat tradisional aceh seperti Batee Suemuepeh, Pemulia Jamee, Adat Pernikahan, Hikayat dan Seudati. Film dan Musik Lokal itu realita yang terjadi dalam kehidupan masyarakat yang sesungguhnya tentang Aceh.  Film dan musik itu bukan hanya sebagai tontonan saja, tapi juga sebagai media dakwah. Seni yang di hadirkan itulah identitas Aceh yang sebenarnya. Yuliandre Darwis, Ph.D, selaku Ketua Umum ISKI Pusat dalam pemaparannya juga menjelaskan sedikitnya ilmu tentang komunikasi. 3 poin penting yang perlu di perhatikan dalam berkomunikasi.  Pertama, Dalam berkomunikasi dengan seseorang, akan memperoleh informasi dan Pengetahuan yang baru. Kedua, Mempengaruhi perilaku seseorang. Ketiga, jika seseorang sudah terpengaruhi dengan perilakunya, maka seorang akan memperagakan perilaku tersebut.

Reporter: Venny


Share on Google Plus

About Admin

Informasi lebih lanjut silahkan hubungi admin melalui akun sosial yang tersedia.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html